Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa terletak di sebelah barat Teluk Jakarta. Dari Jakarta bisa ditempuh dengan waktu satu sampai satu setengah jam perjalanan. Kapal-kapal penyebrangan yang berute Muara Angke- Pulau Pramuka, Muara Angke-Pulau Tidung selalu menyediakan kesempatan bagi siapapun untuk singgah sebentar di Pulau Untung Jawa. Ini dikarenakan letak Pulau Untung Jawa yang terdapat di tengah-tengah, diantara pulau-pulau yang dilewati kapal penyebrangan.Dari Tangerangpun bisa dijangkau dengan mudah. Trip Tanjung Pasir – Pulau Untung Jawa dapat ditempuh hanya lima belas sampai dua puluh menit perjalanan. Kemudahan inilah yang membuat Pulau Untung Jawa menjadi pilihan yang tepat dihari libur bagi turis-turis lokal yang berkantong cekak tetapi menginginkan liburan yang berkualitas. Sebuah pilihan wisata yang menarik sekaligus murah meriah.

Pulau Untung Jawa memiliki luas yang memadai untuk dijelajahi. Di dekat pelabuhan terdapat tempat yang dirancang pemerintah setempat sebagai tempat wisata. Masuknyapun melalui jalan conblok yang rapi dengan petugas tiket di ujung dermaga. Masuk ke dalamnya akan ditemui masjid dan tempat-tempat wisata. Jika mau terus menyelusuri pantainya, kita akan menemukan hutan bakau dengan canopy yang memadai sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahinya.

Walaupun canopy telah berakhir, jelajahi terus pantainya. Kita akan menemukan pohon-pohon bakau yang cukup tua, bahkan tumbuh sendiri-sendiri di air yang dangkal. Bagi pecinta fotografi, tempat ini cukup menarik untuk diabadikan.

Para pemancingpun tidak harus jauh-jauh melemparkan kailnya. Cukup memancing di dermaga, ikan-ikannya cukup memadai. Bahkan saya menemukan pemancing yang mendapatkan ikan kuwe sebesar lengan. Cukup besar untuk ukuran memancing di dermaga.

Sayangnya Pulau yang terletak dekat dengan daratan Tangerang ini cukup dibombardir oleh sampah daratan. Di beberapa bagian pulau, sampah-sampah itu menyangkut di pohon-pohon bakau. Sebuah pemandangan yang tidak mengenakkan dilihat mata. 

 Jika anda berkantung cekak, cobalah mampir ke Pulau Untung Jawa. Suasana pulau yang berbeda dengan daratan membuat kita melupakan sedikit ketegangan akibat bekerja selama seminggu. Tapi jangan lupa, kalau anda menginginkan Pulau Untung Jawa bersih dari sampah, kurangi sampah dengan membuang pada tempatnya. Kalau perlu sampah-sampah yang kita temui selama keliling di Pulau Untung Jawa, dimasukkan ke dalam keranjang sampah. Dengan demikian kita sudah berandil menjaga lingkungan. 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s